Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Laju reaksi dapat dinyatakan besarnya perubahan konsentrasi pereaksi atau hasil reaksi persatuan waktu.

Gambar

Perubahan laju reaksi reaktan dan produk tersebut dapat dipengaruhi atau ditentukan oleh beberapa faktor yaitu ;

  1. Konsentrasi
  2. Luas permukaan
  3. Suhu
  4. Katalis

  1. Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi

Dari gambar di atas.  Ketiga larutan tersebut memiliki konsentrasi yang berbeda-beda HCl 1M, HCl 2M, HCl 3M yang direaksikan dengan CaCO3. CaCO3 cepat habis bereaksi dengan larutan HCl 3M dibandingkan HCL 1M dan 2M. seperti penjelasan di atas semakin besar konsentrasi larutan maka semakin cepat laju reaksinya.

Gambar

Konsentrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam laju reaksi, sebab semakin besar konsentrasi pereaksi, maka tumbukan yang terjadi semakin banyak, sehingga menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Begitu juga, apabila semakin kecil konsentrasi pereaksi, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi pun semakin kecil

2. Pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi

Misalkan ukuran partikel seperti CaCO3 kepingan dan serbuk dengan massa yang sama dan direaksikan dengan alrutan yang memiliki konsentrasi yang sama, manakah yang lebih cepat bereaksi???

Gambar

Jawabnya adalah CaCO3 serbuk memiliki laju reaksi yang lebih cepat dibandingkan CaCO3 kepingan, hal tersebut karena pengaruh luas permukaan bidang sentuh partikel tersebut. Di mana luas permukaan bidang sentuh CaCO3 serbuk lebih luas daripada kepingan.

Luas permukaan sentuh memiliki peranan yang sangat penting dalam laju reaksi, sebab semakin besar luas permukaan bidang sentuh antar partikel, maka tumbukan yang terjadi semakin banyak, sehingga menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Begitu juga, apabila semakin kecil luas permukaan bidang sentuh, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi pun semakin kecil.

3. Pengaruh suhu terhadap laju reaksi

Apabila suhu pada suatu reaski yang berlangsung dinaikkan, maka menyebabkan partikel semakin aktif bergerak, sehingga tumbukan yang terjadi semakin sering, menyebabkan laju reaksi semakin besar. Sebaliknya, apabila suhu diturunkan, maka partikel semakin tak aktif, sehingga laju reaksi semakin kecil.

4. Pengaruh katalis terhadap laju reaksi

Gambar

Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. Suatu katalis berperan dalam reaksi tapi bukan sebagai pereaksi ataupun produk. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat atau memungkinkan reaksi pada suhu lebih rendah akibat perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi. Katalis menyediakan suatu jalur pilihan dengan energi aktivasi yang lebih rendah. Katalis mengurangi energi yang dibutuhkan untuk berlangsungnya reaksi.

About agustinakimia10bee

universty student of universty of Lampung.. chemical education 2010 i'm simple woman.. this is my style , this my life.. n it's me..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s